Banner utama

Promosi
items



Kirim

Gunakan Dana Otsus 2023, Distanbun Mimika Pelatihan Olah Hasil Tanaman Pangan Bagi Petani OAP di 6 Distrik


Dinas tanaman pangan hortikulturan dan perkebunan kabupaten mimika dengan menggunakan dana otonomi khusus tahun 2023 gelar pelatihan pengolahan hasil tanaman pangan pada 22 november 2023 di balai benih unit (bbu) distanbun mimika yang di buka kadistanbun mimika alice wanma.

Pelatihan olah hasil tanaman pangan berupa keripik pisang dan keripik ubi jalar di gelar bagi petani orang asli papua dari enam distrik yaitu distrik wania, distrik mimika baru, mimika timur, kwamki narama, kuala kencana dan distrik iwaka.

Dikatakan kadistanbun mimika alice wanma, pelatihan tersebut sebagai bentuk peningkatan kapasitas petani orang asli papua, dimana kedepan diharapkan dapat mengolah hasil pangan lokal mimika berupa pangan olahan jadi seperti keripik pisang dan ubi jalar dari hasil tanam sendiri maupun sebagai pelaku umkm pangan lokal di mimika.

Dalam pelatihan tersebut para peserta akan di bekali dengan materi dan langsung melakukan praktek pengolahan pisang dan ubi jalar, mulai dari penanaman, panen, produksi kripik, pengemasan, hingga pemasaran kripik produk umkm.

Giat seperti ini akan berkelanjutan di gelar bagi distrik lainnya di mimika sebagai bentuk dukungan pemerintah kepada masyarakat petani dan pelaku umkm pertanian, agar kedepan dapat mandiri dalam peningkatan ekonomi keluarga.