Banner utama

Promosi
items



Kirim

BAPPEDA Seminar Akhir Penyusunan Kajian Pengembangan Budidaya Kopi Robusta Di Kabupaten Mimika


Seminar akhir penyusunan kajian pengembangan budidaya kopi robusta di gelar bappeda kabupaten mimika pada 22 november 2023 yang dihadiri perwakilan opd, kepala distrik dan stakeholder lainnya di aula serbaguna bappeda mimika.

Dalam pertemuan tersebut dikatakan berdasarkan data badan pusat statistik nilai ekspor kopi indonesia ke berbagai negara tercatat 1,13 milyar dollar amerika, yang menjadikan indonesia menjadi negara ke-4 terbesar produsen kopi dunia.

Terkhusus di wilayah papua, budidaya kopi seperti kopi arabika wamena di kabupaten jayawijaya, kopi robusta ambaidiru di kabupaten yapen, kopi arabika monamani di kabupaten dogiyai dan kopi arabika amungme di kabupaten mimika menjadi potensi pengembangan sebagai penggerak perekonomian masyarakat.

Kabupaten mimika dalam kesempatan tersebut ingin mengambil peluang yang ada sebagai potensi yang di miliki daerah untuk mengembangkan kopi arabika amungme menjadi salahsatu icon daerah yang dapat menumbuhkan ekonomi, khususnya bagi petani kopi mimika.

Dalam kajian tersebut pemkab mimika turut menghadirkan fakultas pertanian universitas papua manokwari sebagai mitra pemerintah daerah untuk melakukan kajian bersama pengembangan potensi kopi yang ada di mimika.