Banner utama

Promosi
items



Kirim

BAPPEDA Mimika Seminar Akhir Penyusunan Kajian Kawasan Industri di Mimika




Bappeda kabupaten mimika bersama lintas sektor gelar seminar akhir penyusunan kajian kawasan industri kabupaten mimika pada kamis 30 november 2023 di ruang rapat bappeda kabupaten mimika yang di buka staf ahli bupati mimika septinus timang.

Dalam sambutan bupati yang dibacakannya dikatakan, pembangunan kawasan industri di daerah sangat penting mengingat indonesia sebagai negara kepulauan dengan keanekaragaman sumber daya alam seharusnya dikelola dengan tepat untuk mencapai tujuan pembangunan nasional yang makmur, adil dan sejahtera secara berkelanjutan.

Perencanaan dan pembangunan regional dengan industri dan perdagangan sebagai penggerak utama perlu dilakukan secara terkoordinasi dan terpadu mengacu kepada tata ruang, sehingga menjadi satu kesatuan tatanan pembangunan yang dinamis serta tetap memelihara kemampuan daya dukung lingkungannya sesuai paradigma pembangunan yang berwawasan lingkungan dan memantapkan ketahanan nasional.

Penataan ruang harus dapat menciptakan pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Kondisi industri nasional yang lebih dari 60% terkonsentrasi di pulau jawa, disamping berdampak tidak meratanya aktifitas ekonomi, juga semakin mengakibatkan semakin berkurangnya daya dukung lingkungan pulau jawa serta terjadi pergeseran tata guna tanah subur.

Seminar akhir penyusunan kajian kawasan industri kabupaten mimika digelar dalam maksud melakukan perencanaan tata ruang pada kawasan peruntukan industri sebagai dasar bagi pihak-pihak terkait dalam mengembangkan kawasan industri dan kawasan peruntukan industri baik bagi aparatur pemerintah dalam penerbitan ijin dan pembinaan serta pengawasan, maupun bagi dunia usaha dalam melihat peluang investasi di bidang pengembangan industri dan kawasan industri di mimika.

Sementara itu tujuan kajian adalah sebagai arah perwujudan rencana tata ruang khususnya pada kawasan peruntukan industri, sebagai dasar formulasi kebijakan dan strategi penataan ruang kawasan peruntukan industri, sebagai arah penyusunan indikasi program pembangunan pada kawasan peruntukan industri, dasar penetapan ketentuan pengendalian pemanfaatan ruang pada kawasan peruntukan industri, tersedianya rencana penyediaan dan pemanfaatan kawasan peruntukan industri kabupaten mimika dan terciptanya kawasan industri yang berkembang, berhasil guna dan berdaya guna dalam rangka menjawab peluang investasi industri.
W3.CSS

Dokumentasi Foto