Banner utama

Promosi
items



Kirim

Gunakan Dana OTSUS 2023, DISNAKESWAN Mimika Pelatihan Budidaya Ternak Ayam Buras Bagi Peternak OAP


Dinas peternakan dan kesehatan hewan kabupaten mimika dengan memanfaatkan dana otsus tahun 2023, menggelar pelatihan budidaya ternak ayam buras bagi 100 peternak orang asli papua pada 30 agustus 2023 di aula keuskupan timika yang di buka kepala disnakeswan mimika sabelina fitriani.

Dalam pelatihan tersebut para peserta di sampaikan dua materi dasar tentang manajemen beternak ayam buras oleh staf disnakeswan mimika serta pengetahuan dan pencegahan penyakit pada ayam yang disampaikan dokter hewan i putu werdikta.

Pemaparan di sampaikan terkait persiapan kandang, memilih indukan betina dan jantan, proses penetasan telur, memeliharan anak ayam buras, pemilihan pakan, ketersediaan air, hingga proses pemasaran ayam.

Sementara untuk jenis penyakit ayam yang di temui di mimika dalam penyampaian dokter hewan i putu werdikta ada empat jenis yaitu tetelo (nd), pilek (sno), ngorok (crd) dan berak kapur (pulloru) yang kesemuanya disebabkan oleh virus. Selain itu dipaparkan juga secara terperinci tentang cara pencegahan dan penanganan penyakit ayam tersebut serta sesi diskusi bersama peserta pelatihan.

Dalam kesempatan tersebut disnakeswan mimika juga turut mengundang perbankan dari bank mandiri cabang timika untuk menjelaskan tentang pelaksanaan kredit usaha rakyat program pemerintah, dimana dalam kesempatan tersebut bank mandiri menawarkan kemudahan pinjaman kur tanpa jaminan bagi peternak orang asli papua dengan syarat berlaku.